Sunday, February 13, 2011

SEISMIK

Pengertian seismik hingga ke tahap aktivitas pengoboran minyak dengan menggunakan bahan peledak berupa dinamit.

Pengaruh seismik terhadap tanaman, karet, sawit, jagung dll ? jarak 1 m
Hasil penelitian tidak menimbulkan kerusakan lingkungan di sekitarnya, mengingat dinamit yang ditanam di kedalaman
30 meter dibawah tanah.


Harus ada ganti rugi lahan masyarkat, itu wajar

Harus ada sosialisasi kemasyarakat jika tidak melakukan sosialisasi terlebih dahulu, maka dikhawatirkan masyarakat tidak tahu dan berujung pada perlawanan. Karena itu, Camat Simpang Kramat meminta agar sosialisasi dilakukan dari mulai tingkat Gampong hingga Kecamatan

Metode apa yang dipakai, Refleksi atau Geofisika
Tahapannya bagaimana.
Adapun tahapan-tahapan pekerjaan yang umum digunakan dalam metoda geofisika adalah :
ï Survei pendahuluan (penentuan lintasan)
ï Pemancangan (penandataan titik-titik ukur) dalam areal target
ï Pengukuran lapangan
ï Pembuatan peta-peta geofisika
ï Penarikan garis-garis isoanomali
ï Penggambaran profile
ï Interpretasi anomali


Perencanaan Survei

Tahap pertama dari suatu perencanaan survei seismik refraksi adalah memilih lokasi dan panjang lintasan survei dengan menggunakan peta topografi daerah penyelidikan. Lokasi lintasan survei harus di set untuk mencapai tujuan survei secara efisien, yaitu menggunakan informasi yang ada pada peta topografi dan peta geologi. Rekaman titik penerima kedatangan pertama (first arrival) merupakan gelombang langsung dan kedatangan pertama (first break) dari gelombang refraksi tidak muncul.

Pengambilan Data

Untuk mendapatkan kualitas rekaman seismik refraksi yang tinggi dan mengandung bentuk first break yang tajam perlu dilakukan beberapa teknik, diantaranya adalah stacking, mempertinggi kekuatan sumber dan filtering. Sistem perekam seismik yang bisa digunakan adalah system perekam seismik 24 channel. Sedangkan sumber seismik yang sering digunakan adalah dinamit. Bila menggunakan dinamit sebagai sumber, perlu dipilih tempat yang tepat untuk melakukan peledakan, yaitu tempat dimana energi dinamit dapat terkonversi menjadi energi seismik secara efektif. Biasanya, dinamit diledakkan di dalam lubang bawah permukaan. Bila jarak sumber ke penerima lebih dari seratus meter, akan lebih baik meledakkan dinamit di dalam air dengan kedalaman lebih dari 50 cm atau membuat lubang lebih dalam sehingga ledakan dinamit menjadi lebih efektif.

No comments:

Post a Comment